Kamis, 17 November 2011

Robot Penjinak Bom Hasil Karya LIPI

Robot Penjinak Bom Hasil Karya LIPI
Berita Teknologi. LIPI baru-baru ini memamerkan robot penjinak bom hasil karyanya di LIPI Expo 2011. Robot yang berbentuk seperti tank mini ini hasil penelitian Pusat Penelitian Tenaga Listrik dan Mekatronik LIPI yang berpusat di Bandung.
Robot ini diciptakan untuk menjawab tantangan dimana selama ini robot sebagai penjinak bom yang dipakai oleh gegana merupakan buatan luar negeri.
“Kita mencoba menciptakan robot penjinak bom sendiri. Jadi tidak perlu repot membeli alat dari luar yang mahal,” ujar Peneliti LIPI bidang mekatronik, Rony Permana, dikutip dari Detik.
Robot yang diberinama ‘Mobil Robotik Hankam REV-11′ terbuat dari bahan duralium, Duralium seperti alumunium namun lebih kuat dan lebih tahan panas.
Selain itu robot juga dilengkapi dengan lengan pengangkut atau gripper yang berfungsi untuk membawa paket bom ke tempat aman untuk diledakkan sesuai dengan SOP dari tim Gegana selama ini. Berat maksimal bom yang bisa diangkat oleh robot ini mencapai 5 Kg.
Robot ini dapat dikendalikan dengan remote control sejauh satu kilometer dan dapat berjalan melalui berbagai medan, dengan kecepetan maksimal 3 meter/detik. Dan robot ini juga dapat berjalan dikemiring sampai 45 deajat.
Meski demikian kata Rony, robot belum selesai karena belum diuji coba untuk penjinak bom. Sehingga belum diketahui kehebatannya di lapangan. Direncanakan uji coba akan dilaksanakan pada akhir tahun ini.
Kendala yang dihadapi LIPI untuk uji coba adalah ijin untuk menggunakan bahan peledak.

0 komentar:

Posting Komentar